Jimi Hendrix




James Marshall Hendrix

27 November 1942 - September 18, 1970
D
ikenal luas sebagai salah satu musisi yang paling kreatif dan berpengaruh dari abad 20, Jimi Hendrix merintis kemungkinan ledakan gitar listrik. Gaya inovatif Hendrix menggabungkan distorsi fuzz, umpan balik dan terkendali menciptakan sebuah bentuk musik baru. Karena ia tidak dapat membaca atau menulis musik, tidak kekurangan luar biasa yang meroket Jimi Hendrix di musik itu terjadi hanya dalam empat tahun yang singkat. Bahasa musiknya terus mempengaruhi sejumlah musisi modern, dari George Clinton untuk Miles Davis, dan Steve Vai untuk Jonny Lang.
Jimi Hendrix, Johnny Allen Hendrix lahir jam 10:15 pada tanggal 27 November 1942, di Seattle King County Hospital, kemudian berganti nama menjadi James Marshall oleh ayahnya, James "Al" Hendrix. Jimmy muda (karena ia disebut pada waktu itu) mengambil minat dalam musik, menggambar pengaruh dari hampir setiap seniman besar pada saat itu, termasuk BB King, Muddy Waters, Howlin 'Wolf, Buddy Holly, dan Robert Johnson. Sepenuhnya otodidak, ketidakmampuan Jimmy membaca musik membuatnya berkonsentrasi lebih keras pada musik yang didengarnya.
Al memperhatikan kepentingan Jimmy di gitar, mengingat, "Dulu saya memiliki Jimmy membersihkan kamar tidur sepanjang waktu selama aku pergi, dan ketika saya akan pulang saya akan menemukan banyak sedotan sapu di sekitar kaki tempat tidur Aku. katakan kepadanya, 'Yah kau tidak menyapu lantai?' dan dia akan berkata, `Oh ya, 'apakah dia Tapi aku mengetahui kemudian bahwa ia dulu duduk di ujung tempat tidur di sana dan memetik sapu seperti sedang bermain gitar.." Al menemukan sebuah ukulele satu-string tua, yang ia berikan kepada Jimmy untuk memainkan perbaikan besar atas sapu.
P
ada musim panas 1958, telah membeli Al Jimmy lima dolar, bekas gitar akustik dari salah satu temannya. Tak lama kemudian, Jimmy bergabung dengan band pertamanya, The Velvetones. Setelah bertugas tiga bulan dengan kelompok, Jimmy meninggalkan untuk mengejar kepentingan sendiri. Musim panas berikutnya, Al dibeli Jimmy gitar listrik pertama, seorang Supro Ozark 1560-an; Jimi menggunakannya ketika ia bergabung dengan The Rocking Kings.
Pada tahun 1961, Jimmy meninggalkan rumah untuk terdaftar di Angkatan Darat Amerika Serikat pada bulan November 1962 dan mendapatkan hak untuk memakai "teriak Eagles" patch untuk divisi paratroop. Sementara ditempatkan di Fort Campbell, Kentucky, Jimmy terbentuk Casuals Raja dengan bassis Billy Cox. Setelah keluar karena cedera yang ia terima saat terjun payung, Jimmy mulai bekerja sebagai seorang gitaris sesi dengan nama Jimmy James. Pada akhir 1965, Jimmy telah bermain dengan tindakan tenda, termasuk Ike dan Tina Turner, Sam Cooke, Isley Brothers, dan Little Richard. Jimmy berpisah dengan Little Richard untuk membentuk band sendiri, Jimmy James dan Blue Flames, mencurahkan peran kembali-line gitaris sorotan dari lead guitar.Sepanjang paruh kedua 1965, dan menjadi bagian pertama dari 1966, Jimmy memainkan putaran tempat kecil di seluruh Greenwich Village, penangkapan dengan bassis Chas Hewan 'Chandler selama pertunjukan Juli di Caf, Wha? Chandler terkesan dengan kinerja Jimmy dan kembali lagi pada September 1966 untuk menandatangani Hendrix mencapai kesepakatan yang akan memiliki dia pindah ke London untuk membentuk band baru.
Switching gigi dari pemain bass untuk manajer, tugas pertama Chandler adalah mengubah nama Hendrix untuk "Jimi." Menampilkan drummer Mitch Mitchell dan bassis Noel Redding, Pengalaman Jimi Hendrix yang baru terbentuk dengan cepat menjadi pembicaraan di London pada musim gugur 1966.
Single pertama Pengalaman itu, "Hei Joe," menghabiskan sepuluh minggu di tangga lagu Inggris, topping keluar di tempat No 6 tahun 1967 awal. Single debutnya segera diikuti oleh rilis album full-length Are You Experienced, sebuah kompilasi yang menampilkan musik psikedelik lagu kebangsaan dari satu generasi. Are You Experienced tetap salah satu album rock paling populer sepanjang masa, yang menampilkan trek seperti "Purple Haze", "The Wind Cries Mary", "Foxey Lady," "Api," dan "Are You Experienced?"
Walaupun Hendrix mengalami kesuksesan luar biasa di Inggris, ia tidak sampai ia kembali ke Amerika pada bulan Juni 1967 bahwa ia memicu kerumunan di Festival Pop Monterey International dengan kinerja pembakar tentang "Wild Thing." Secara harfiah semalam, The Jimi Hendrix Experience menjadi salah satu yang paling populer dan tertinggi aksi tur terlaris di dunia.
H
endrix diikuti Are You Experienced dengan Axis: Bold As Love. Pada tahun 1968, Hendrix telah mengambil kontrol yang lebih besar arah musiknya, ia menghabiskan banyak waktu bekerja di konsol di studio, dengan setiap pergantian sebuah tombol atau menjentikkan saklar membawa kejelasan visinya.
Kembali di Amerika, Jimi Hendrix membangun studio rekaman sendiri, Electric Lady Studios di New York City. Nama proyek ini menjadi dasar yang paling menuntut rilis musiknya, koleksi LP dua, Electric Ladyland. Sepanjang 1968, tuntutan pekerjaan studio tur dan mengambil korban pada kelompok dan pada tahun 1969 Pengalaman dibubarkan.
Musim panas tahun 1969 membawa pertumbuhan emosi dan musik untuk Jimi Hendrix. Dalam memainkan musik Woodstock & Pameran Seni pada bulan Agustus 1969, Jimi bergabung dengan sebuah ensemble eklektik disebut Gypsy Sun & Rainbows yang menampilkan Jimi Hendrix, Mitch Mitchell, Billy Cox, Juma Sultan, dan Jerry Velez. Kinerja Woodstock disorot oleh versi pemberontak dari "Star Spangled Banner", yang membawa penonton lumpur basah untuk kalang kabut.
Sembilan belas enam puluh sembilan juga membawa sebuah kerjasama baru dan mendefinisikan menampilkan Jimi Hendrix pada gitar Billy, bassis Cox dan Miles Listrik drummer Bendera Buddy. Melakukan sebagai Band of Gypsys, trio ini meluncurkan serangkaian pertunjukan empat Tahun Baru pada tanggal 31 Desember 1969 dan 1 Januari 1970. Highlights dari pertunjukan ini disusun dan kemudian dirilis pada Band klasik album Gypsys pada pertengahan 1970 dan diperluas Hendrix: Live At The Fillmore Timur pada tahun 1999.
Tahun 1970 berkembang, Jimi dibawa kembali drummer Mitch Mitchell ke grup dan bersama-sama dengan Billy Cox pada bass, trio ini baru sekali lagi membentuk The Jimi Hendrix Experience. Dalam studio, kelompok mencatat beberapa lagu untuk satu set LP dua, sementara diberi judul Sinar Pertama Of The Rising Sun Baru. Sayangnya, Hendrix tidak bisa melihat visi musik ini sampai selesai karena jadwal sibuk nya tur di seluruh dunia, maka kematian tragis pada tanggal 18 September 1970. Untungnya, Hendrix rekaman dijadwalkan akan dirilis di album ini akhirnya diterbitkan melalui dukungan dari keluarganya dan studio insinyur asli Eddie Kramer pada tahun 1997 Sinar rilis Pertama Of The Rising Sun Baru.
Dari rekaman demo untuk master selesai, Jimi Hendrix dihasilkan koleksi menakjubkan lagu selama karir pendek. Musik Jimi Hendrix memeluk pengaruh blues, balada, rock, R & B, dan jazz koleksi gaya yang terus membuat Hendrix salah satu tokoh paling populer dalam sejarah musik rock.
<
>